Rabu, 07 November 2018

Begini Cara Rasul Persiapkan Ramadhan


Sebentar lagi ramadhan tiba, apa saja hal yang sudah kamu persiapkan? Tanyakan itu pada dirimu yang pastinya berdoalah agar umurmu sampai pada bulan ramadhan. Sebab, di bulan yang suci itu, setiap amalan yang kamu lakukan, pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT. Ada banyak keistimewaan di bulan ramadhan yang tak boleh kamu lewatkan. Oleh karena itu, persiapkan diri sebaik mungkin dalam menyambut kedatangannya.
Bahkan Rasulullah yang merupakan nabi kekasih Allah pun menyambut ramadhan dengan sebaik-baiknya. Beliau tidak hanya mempersiapkan fisik saja, melainkan juga rohani. Sebagai persiapan fisik, Rasul selalu berpuasa Senin-Kamis dan juga puasa hari-hari putih yakni pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulannya dari bulan Syawal sampai bulan Sya’ban.
Persiapan Fisik Rasulullah SAW
Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang menyebutkan bahwa Rasul selalu puasa senin dan kamis. Ditanyakan pada beliau, “Wahai Rasul, kamu selalu puasa senin dan kamis. Lalu, Rasul menjawab, “Sesungguhnya setiap senin dan kamis, Allah SWT memberikan ampunan pada setiap muslim, terkecuali dua orang yang sedang bermusuhan. Allah berfirman, Tangguhkanlah keduanya hingga berdamai. (HR. Ibnu Majah).
Kalau tentang puasa 3 hari setiap bulan, Rasul mengungkapkan pada Abu Dzar Al-Ghifari r.a, “Wahai Abu Dzar, apabila kamu ingin berpuasa setiap bulan, piasalah pada tanggal 13, 14 dan 15.” (HR.Timidzi).
Persiapan Rohani Rasulullah SAW
Sementara persiapan rohani, Rasul membiasakan diri dengan selalu mendirikan Shalat Tahajud pada setiap malam. Selain itu, juga dengan berdzikir setiap waktu dan kesempatan. Begitu banyak persiapan Rasulullah, sudah sepantasnya kita meneladani sikapnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar