Senin, 12 Maret 2018

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi yang Tepat

foto:solusisehatku.com

Ruam popok adalah masalah kesehatan umum pada bayi. Namun, jika perawatan akan kebersihan bayi dilakukan dengan benar, ruam popok bisa dicegah. Masalah kesehatan kulit bayi ini harus mendapatkan perhatian orang tua dengan segera. Karena kalau dibiarkan akan begitu menyiksa si kecil dan menambah infeksi yang terjadi. Agar kulit bayi terbebas dari infeksi, kebersihan merupakan aspek penting yang tidak boleh diabaikan.
Untuk mengurangi tingkat keparahan ruam popok dan mencegah kekambuhannya perawatan harus dilakukan secara tepat dan cermat. Ada banyak cara untuk mengobati ruam popok dan memastikan itu tidak kambuh lagi. Dalam banyak kasus, anda tidak perlu meminta saran dari dokter atau petugas kesehatan untuk mengobati ruam popok. Tapi, bisa merawatnya sendiri di rumah. Kalau ruam sudah parah, anda harus segera menghubungi dokter.
Kapan sebaiknya orang tua berkonsultasi dengan dokter?
·         Anda perlu menghubungi dokter untuk mengobati ruam popok dalam kasus berikut:
  • ·         Ruam popok terjadi pada bayi selama 6 minggu pertama hidupnya.
  • ·         Jerawat atau ulkus kecil mulai terbentuk di dalam dan sekitar ruam.
  • ·         Bayi anda mengalami demam.
  • ·         Jika bayi mengalami kehilangan nafsu makan atau kehilangan berat badan.
  • ·         Tonjolan atau nodul besar muncul di dalam dan sekitar ruam popok.
  • ·         Ruam menyebar ke bagian lain tubuh seperti wajah, lengan atau kulit kepala.
·         Jika ruam tidak membaik meski menggunakan cara mengobati ruam popok selama lebih dari seminggu.
Tips Mengobati dan Mencegah Ruam Popok
Kunci untuk mengobati ruam popok terletak pada menjaga area intim bayi tetap dalam suhu normal. Untuk memastikan hal ini, anda harus memilihkan popok dengan pas yang memungkinkan sirkulasi udara yang tepat di daerah tersebut. Hal penting lain yang perlu diingat adalah bahwa popok harus diganti secara berkala tanpa memperhatikan frekuensi di mana bayi mengeluarkan air kencing atau buang air besar.
Obat alami ruam popok pada bayi :
·         Aplikasi salep Zinc oxide atau lotion Calendula homeopati atau salep ruam popok yang direkomendasikan oleh banyak dokter. Namun, sebelum menggunakan obat atau salep apapun sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Atau terapkan saja bedak yang ringan untuk menghilangkan gatal-gatalnya.
·         Pilih popok yang berkualitas tinggi, sesuaikan ukurannya dengan usia dan berat bayi anda.
·         Mengoleskan yogurt alami tanpa rasa ke daerah yang terkena ruam merupakan langkah efektif untuk menghilangkannya. Bahan alami Ini membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit dan menghancurkan pertumbuhan jamur.
Demikianlah cara mengatasi ruam popok yang efektif pada bayi.

Tidak ada komentar:
Write komentar