Sabtu, 16 Desember 2017

Pengobatan Alami Cacingan Pada Anak

link5u.com - Cacingan pada anak merupakan parasit yang hidup di usus dan harus segera dihilangkan. Karena bila anak-anak cacingan, maka aktivitasnya bisa terganggu. Dimana gejala cacingan menyebabkan anak-anak sakit perut, tidurnya terganggu, anemia dan lain sebagainya. Banyak jenis cacing usus yuang bisa hidup di usus manusia diantaranya cacing pita, cacing kremi, cacing gelang dan lainnya. Hal ini dapat terjadi pada setiap individu melalui makanan yang terinfeksi. 
foto:eramuslim.com

Penyebab cacingan bisa karena beberapa alasan diantaranya menyebar melalui makanan yang dimasak, daging, air kotor. Tak hanya itu, anak juga terinfeksi lewat air yang terkontaminasi, air bersih, kolam renang, dan air sungai. Setelah mengetahui gejala dan penyebab cacingan pada anak, selanjutnya kita harus mengetahui solusi menyembuhkan cacingan tersebut. Sebelum ke dokter, Anda bisa melakukan beberapa usaha di bawah ini!

Pepaya
Biji pepaya sangat bermanfaat dalam mengobati dan menghilangkan cacingan. Biji pepaya mengandung bahan yang efektif dalam menghilangkan cacing gelang. Caranya, buatlah biji pepaya menjadi bubuk, lalu bubuhkan satu sendok teh bubuk biji pepaya ke dalam secangkir susu atau air. Dan minumkan pada anak saat perut kosong di pagi hari, setiap hari.
Daun pepaya juga berguna untuk mengobati cacingan pada anak. Buatlah menjadi larutan dengan mengambil 15 gram daun kering dan tambahkan sekitar 250 ml air mendidih. Tambahkan madu agar rasanya disukai oleh anak-anak. 

Bawang putih
Tak hanya pepaya saja, tapi bawang putih adalah obat rumah yang sangat berguna untuk cacingan. Zat Allicin lah yang mampu membasmi cacing pada perut anak. Ketika mengkonsumsi bawang putih, maka cacing bisa langsung membunuh cacing-cacing yang tidak bermanfaat untuk tubuh ini. Tapi jangan kebanyakan mengkonsumsinya dan ini biasanya tidak disukai oleh anak-anak.
Ada metode penyembuhan lainnya yakni dengan cara menghancurkan bawang putih, lalu dioleskan pada perut atau anus yang gatal akibat gejala cacingan. Cara kerjanya sama dengan dikonsumsi. Bawang putih ini terbukti ampuh menghancurkan telur-telur cacing. 

Sebelum Anda mengaplikasikannya pada anak-anak, sebaiknya konsultasikan pada ahlinya agar tidak salah dan berakibat buruk. Atau jika ingin lebih mudah, Anda bisa periksa ke dokter untuk melihat lebih lanjut seberapa parah cacingan pada anak Anda. Jika memang sudah parah, mungkin dokter akan memberikan resep khusus dan jangan lupa bicarakan jenis obat yang terbaik. Apakah sirup, tablet atau yang lainnya. Jangan tunggu lama pengobatan cacingan kalau sudah muncul gejala-gejalanya.

Tidak ada komentar:
Write komentar