Kamis, 09 Februari 2017

Manfaat Lemon Lemon Bagi Tubuh

Lemon merupakan buah yang sudah umum kita jumpai di masyarakat. Namun, lemon sering belum menjadi pilihan utama sebagai buah konsumsi secara langsung karena rasanya yang kecut dan masam. Padahal manfaat yang terkandung pada buah lemon banyak sekali.

Kandungan nutrisi pada buah lemon sangat melimpah. Sebagai salah satu buah berwarna kuning, lemon memiliki kandungan vitamin yang berlimpah, terutama vitamin C. Kandungan vitamin C buah lemon mencapai 77%, dan lemon juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin E, serat alami, serta beragam mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi.
foto:spirit.web.id
Dengan kandungan nutrisi sebanyak itu, lemon merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Mari kita bahas, apa saja manfaat lemon bagi tubuh kita.

1. Mengobati Sakit Tenggorokan
Karena buah lemon kaya akan vitamin C, buah lemon mampu menyembuhkan penyakit seperti panas dalam, sariawan, batuk, pilek, serta rasa perih atau sakit di tenggorokan. Campuran perasan buah lemon dengan madu dan ditambahkan air hangat atau diminum bersama teh, dapat melegakan tenggorokan dan meredakan penyakit yang dialami. Dengan mengonsumsinya secara rutin, penyakit tersebut pasti segera sembuh.

2. Menyehatkan Kulit
Banyak manfaat yang disumbangkan lemon bagi kesehatan kulit. Mulai dari menghilangkan komedo dan jerawat pada wajah, mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kering, serta memutihkan bagian kulit yang kusam. Buah lemon yang kaya antioksidan dan antibakteri memang berguna untuk kesehatan kulit. Tinggal menempelkan dan menggosokkan potongan buah lemon pada kulit yang kurang sehat, atau olah lemon terlebih dahulu lalu oleskan sebagai masker wajah. Kulit akan terasa lebih segar setelah itu.

3. Penawar Racun
Jika kita keracunan, salah satu antitoksin alami yang bisa kita peroleh dengan mudah adalah buah lemon. Racun-racun polusi dan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh harus dinetralisir karena merupakan zat yang tidak baik bagi kesehatan. Lemon yang memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi pasti mampu mengeluarkan semua zat-zat berbahaya tersebut dari tubuh kita.

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
Berdasarkan penelitian, buah lemon merupakan salah satu buah yang mampu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan mencegah serta menghambat kerusakan sel-sel tubuh oleh zat perusak. Ini karena buah lemon mengandung zat yang disebut limonin. Zat ini mempunyai efek antitumor, antivirus, analgesik, dan antiinflamasi yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, lemon juga dapat memperbaiki kerusakan pada sel-sel tubuh, melindungi sel-sel tubuh yang masih normal dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Buah lemon memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Jadi jangan menunda waktu lagi, segeralah coba mengonsumsi buah lemon dan rasakan sendiri manfaat lemon. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar