Minggu, 19 Februari 2017

Kelebihan Investasi Syariah Dibandingkan Investasi Konvensional

Walaupun investasi konvensional, tapi nyatanya investasi syariah merupakan cara paling aman untuk menanam uang. Bahkan para pengusaha besar sekarang ini, mulai menanamkan modalnya dalam investasi islami ini. Tawaran demi tawaran investasi konvensional dikenalkan secara online dan menawarkan keuntungan berlipat ganda, sehingga bisa menggugah hati seseorang untuk berinvestasi. Akan tetapi, investasi bukan hanya soal untung yang besar, melainkan juga keamanan.


Sebelum berinvestasi, sebaiknya kita tahu akan kelebihan dan kekuarang investasi yang dipilih. Dengan begitu, kita dapat memperhitungkan resiko apa yang akan dihadapi nanti. Bagi Anda yang ingin berinvestasi aman dan memperoleh keuntungan yang besar, maka investasi syariah bisa menjadi solusi Anda. Berikut ini beberapa kelebihan investasi ala islami ini dengan investasi lainnya.
Inilah Kelebihan Investasi Syariah
Semua proses investasi syariah dijalankan berdasarkan ajaran islam. Jadi, dapat menjamin keamanan dana Anda dan pembagian keuntungan. Inilah faktor yang membuat investasi ini aman :
Bebas Riba
Riba atau bunga adalah sesuatu yang diharamkan bagi islam. Sedangkan dalam investasi syariah sistem keuntungannya diperoleh dari bagi hasil atau nisbah. Sehingga, keuntungan dibagi secara adil oleh pihak investor dengan pihak bank, bahkan besarnya bisa lebih besar daripada sistem bunga.
Tak ada praktik Gharar
Gharar adalah ketidakpastian dalam transaksi dan bisa mengacu pada penipuan. Dalam investasi ala islami ini investor atau penanam modal takkan tertipu. Sebab, semua prosesnya dilaksanakan secara terbukan dan tidak memberatkan pihak manapun. Jadi, sangat jelas dan tak ada yang ditutupi.
Tidak maysir
Maysir dikenal sebagai spekulasi atau untung-untungan. Pada proses investasi syariah tidak diperbolehkan adanya maysir. Yang ada hanyalah pembagian hasil setiap bulan dan biaya yang jelas tanpa spekulasi.
Manajemen yang Islami
Manajemen investasi syariah dikelola sesuai dengan tata cara dalam islam dan membuat kedua belah pihak merasa aman dan nyaman. Investasi akan dijalankan secara optimal dan sebisa mungkin meminimalisir kerugian dan diusahakan untuk menghasilkan untung yang besar.
Itulah kelebihan investasi syariah dengan konvensional yang bisa Anda bandingkan dalam memilih investasi yang tepat untuk masa depan nanti.

Tidak ada komentar:
Write komentar