Kamis, 22 Desember 2016

Cara Cerdas Mendesain Rumah Mungil agar Terlihat Luas

Apakah Anda pernah melihat rumah berukuran kecil? Biasanya, rumah berukuran kecil banyak dibangun di perumahan kawasan perkotaan, salah satunya di Kota Tangerang. Bagi Anda yang ingin melihat tipe dan model rumahnya, apalagi tertarik membelinya, Anda bisa melihat contoh perumahan di Tangerang.

Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang ingin memiliki rumah besar di perkotaan? Sebenarnya, ada beberapa pengembang properti perumahan yang menjual rumah besar melalui situs di internet. Banyak orang yang memanfaatkan situs tersebut untuk jual rumah Jakarta yang tergolong mewah. Mungkin, hanya golongan tertentu yang bisa membeli rumah tersebut. Masyarakat kota pada umumnya, lebih memilih untuk membeli rumah kecil atau mungil karena murah dan mudah dalam perawatannya.
ilustrasi foto:rumahdijual.com
Rumah mungil kerap dipandang sempit dan sesak. Akibatnya, penghuninya menjadi tidak nyaman saat berada di dalam rumah. Tapi, sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena semua masalah itu dapat diatasi dengan mudah. Cara-cara cerdas berikut ini akan membantu Anda untuk menjadikan interior rumah mungil terlihat luas.

Cara #1
Membuat Desain Ruangan sebelum Membangun Rumah

Desain rumah merupakan bagian penting yang harus Anda miliki sebelum membangun rumah. Rumah berukuran kecil, seperti rumah tipe 21 dan tipe 36, memerlukan rancangan khusus sehingga ruangannya dapat dibagi secara proporsional. Anda bisa membuatnya dalam bentuk denah dan desain interior tiga dimensi. Dengan demikian, penataan perabotan dan dekorasi ruangan akan lebih mudah.

Cara #2
Memilih Warna Cat Rumah yang Cerah

Warna merupakan komponen yang memengaruhi tampilan sebuah ruangan. Supaya ruangan tampak lebih luas dan segar, sebaiknya pilih cat dengan warna-warna cerah, seperti kuning gading, biru muda, dan hijau muda. Tapi, hindari warna putih untuk dinding ruangan yang lampunya redup. Pasalnya, hal tersebut dapat mengakibatkan kesan sempit saat muncul bayangan benda di dinding. Selain itu, kesan luas juga dapat dilakukan dengan menyeragamkan warna dinding di ruangan yang berdekatan, misalnya dapur dan ruang tamu.
Lalu, bagaimana dengan warna langit-langit ruangan? Anda bisa memilih warna yang kecerahannya satu tingkat di atas warna dinding. Warna tersebut akan memunculkan kesan tinggi pada langit-langit sehingga ruangan tampak luas.

Cara #3
Memperbanyak Jendela

Jendela adalah salah satu jalan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. Ruangan yang terkena cahaya matahari langsung, akan terlihat lebih cerah dan luas. Jadi, kalau ingin ruangan dalam rumah mungil Anda semakin luas, pasang jendela sebanyak-banyaknya. Sebaiknya, pilih jendela yang berukuran lebar agar kesan ruangannya lebih terbuka dan segar.

Cara #4
Atap Rumah Dibuat Lebih Tinggi

Apakah Anda pernah melihat rumah-rumah di daerah pesisir? Rata-rata rumah di sana berukuran kecil dan memiliki atap rendah. Kalau diperhatikan, rumah tersebut kesannya semakin sempit. Lalu, bagaimana caranya membuatnya terlihat luas? Caranya yaitu dengan meninggikan atap rumah. Salah satu model yang bisa Anda gunakan yaitu atap berbentuk kerucut. Atap kerucut memiliki titik puncak yang memunculkan kesan meluas ke atas sehingga ruangan yang ada di bawahnya terasa lega.

Cara #5
Manfaatkan Cermin di Setiap Ruangan

Cermin merupakan benda yang dapat memantulkan cahaya sehingga menghasilkan bayangan objek di depannya. Ketika Anda meletakkan sebuah cermin besar di ruangan tertentu, cermin tersebut akan menampilkan ilusinya. Nah, ilusi itulah yang menimbulkan kesan lebih luas pada ruangan. Kalau Anda tidak memiliki cermin, Anda dapat menggantinya dengan memasang furnitur berbahan gelas atau kaca di sudut ruangan tertentu.

Cara #6
Kurangi Pemakaian Sekat Ruangan

Salah satu penyebab rumah mungil terasa sempit yaitu pemakaian sekat yang berlebihan. Rumah mungil hanya terdiri dari beberapa ruangan saja sehingga tidak perlu dipisahkan dengan sekat, kecuali kamar tidur dan kamar mandi. Kalau ingin memasang sekat, Anda bisa menggunakan tirai berwarna cerah atau cermin besar supaya kesan luasnya tetap ada.

Cara #7
Memilih Motif Lantai yang Tepat

Lantai merupakan salah satu bagian rumah yang memengaruhi tingkat kenyamanan penghuninya. Motif atau warna lantai harus disesuaikan dengan tipe rumah agar tampak serasi dan indah. Khusus untuk lantai rumah mungil, pilihlah warna-warna cerah, seperti krem, hijau muda, dan putih. Kalau Anda ingin menggunakan karpet, pilih karpet bermotif garis. Motif tersebut akan membuat ruangan terkesan lebih panjang dan luas.

Cara #8
Manfaatkan Rak Gantung atau Bertingkat

Rak gantung atau bertingkat memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai media penyimpanan barang-barang. Keberadaan rak gantung bisa menghemat penggunaan tempat sehingga rumah mungil akan tampak luas. Anda dapat memanfaatkan rak gantung untuk menyimpan benda-benda kecil, seperti buku-buku, perlengkapan mandi, sepatu, dan tas.

Cara #9
Pasang Lampu yang Cahayanya Terang

Salah satu faktor yang membuat ruangan tampak luas yaitu cahaya. Saat siang hari, ruangan mendapatkan cahaya dari sinar matahari, sedangkan saat malam hari mengandalkan sinar lampu. Supaya ruangan di dalam rumah mungil terlihat luas, Anda harus memasang lampu yang cahayanya terang. Lampu harus diletakkan dengan tepat sehingga ruangan di dalam rumah tampak cerah.
Itulah beberapa cara cerdas untuk menciptakan kesan luas dalam ruangan sempit. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:
Write komentar