Minggu, 13 November 2016

6 Tips Membeli Hardisk Eksternal

Apakah Anda mau membeli hardisk eksternal? Saat ini kebutuhan untuk memiliki hardisk memang terus meningkat. Penyebabnya karena memang hardisk internal sering kali terbatas. Untuk itu cara paling mudah untuk melipatgandakan kapasitas tempat penyimpanan adalah dengan memiliki hardisk internal. 

Tapi untuk membeli hardisk eksternal ini tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli harddrive eksternal ini. Berikut ini tipsnya. 

1. Ketahui berapa kapasitas hardisk yang diinginkan

Apakah Anda mau membeli hardisk eksternal dengan kapasitas 500 Gb, 1 TB, 2 TB, atau 4 TB? Tentu yang paling tahu adalah Anda sendiri. Kalau melihat kecenderungan yang ada, saat ini biasanya pembeli minimal membeli hardisk eksternal dengan kapasits 1 TB. Sebab memang produk tersebut yang banyak dijual dan laku keras. 

2. Berapa dana yang Anda sediakan
Lebih baik kalau sebelumnya Anda alokasikan budget untuk pembelian hardrive ini. Tujuannya agar pembelian yang Anda lakukan ini tetap terkontrol. Jadi tidak bakal menganggu keuangan Anda.
 Sebagai gambaran, untuk harga hardisk eksternal murah dengan kapasitas 1TB itu bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp 650.000 di Mataharimall.com. Merknya adalah Hitachi Touro. hardisk eksternal ini cocok untuk laptop dengan OS windows maupun mac. Port transfernya sudah menggunakan USB 3.0 sehingga menjamin transfer data berlangsung lebih cepat. 
6 Tips Membeli Hardisk Eksternal
6 Tips Membeli Hardisk Eksternal
MatahariMall.com terkenal dengan harga hardisk eksternal murah. Kalau selama ini Anda mengira situs ecommerce itu hanya menjual pakaian semata, jelas itu keliru. Sebab di MatahariMall.com mau cari barang apapun ada, termasuk juga untuk pembelian hardware untuk komputer dan laptop itu.
Pilihan hardisk eksternal yang tersedia sangat variatif. Modelnya bermacam-macam dengan merk yang juga beragam. Mau cari hardisk eksternal merk WD, Maxtor atau pun Seagate pasti ada. 

3. Konektivitas
Kecepatan transfer data baik dari laptop ke hardisk eksternal maupun sebaliknya tergantung dari port USB-nya. Sebaiknya Anda beli hardisk eksternal dengan USB 3.0 karena memiliki kecepatan 5 Gbps dibanding misalnya USB 2.0 yang kecepatan transfer datanya cuma 480 Mbps.
Keuntungannya jelas, file yang Anda pindahkan bisa tercopy lebih cepat. Apalagi kalau file yang Anda ingin pindahkan itu berukuran sangat besar, pasti akan lebih lama kalau Anda masih mengandalkan harddrive eksternal dengan USB 2.0. 

4. Lengkapi dengan case hardisk
Saat hendak membeli hardisk ini, sebaiknya sekalian dengan membeli case hardisknya. Agar hardisk ini lebih aman dari benturan maupun guncangan. Syukur-syukur kalau kemudian ada yang memberikan gratis pelindung hardisk ini saat Anda beli hardisk eksternal itu. Kalau ada penawaran seperti itu, jangan ragu untuk langsung menyambutnya. 

5. Beli hardisk eksternal online lebih mudah
Dari pada repot muter-muter dari satu toko komputer ke toko komputer lainnya, lebih baik beli online saja. Karena lebih cepat, praktis, hemat waktu dan lebih banyak pilihannya. Jadi Anda bisa langsung bandingkan produk yang tersedia.
Sering kali juga tersedia diskon atau potongan harga. Seperti yang sering ada di MatahariMall.com. Jadi hardisk eksternal itu pun harganya bisa lebih hemat.

6. Cari hardisk yang bergaransi
Cek lebih dulu apakah hardisk yang Anda minati itu dilindungi dengan garansi. Semakin lama garansi yang diberikan akan lebih baik. Sebab kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan harddrive tersebut. Jadi kalau misalny ada dua produk hard drive dengan harga yang kurang lebih sama, tapi yang satu memberikan garansi lebih lama, lebih baik Anda beli harddrive yang diberikan garansi lebih lama tersebut. Biar kalau ada kerusakan, Anda bisa ajukan klaim terhadap produk ini.
Nah, itulah enam tips penting sebelum membeli hardisk eksternal. Semoga tips ini berguna untuk Anda.

Tidak ada komentar:
Write komentar