Senin, 10 Oktober 2016

Proyek Sistem Pengelolaan Air Minum Umbulan: Proyek Pertama Yang Mendapatkan Jaminan Dari Pemerintah

Dari 19 sektor infrastruktur yang berpeluang untuk mendapatkan jaminan dari Penjaminan infrastruktur indonesia tahun ini, 8 diantaranya sudah berhasil diberikan jaminan pada tahun ini, salah satunya adalah proyek pembangunan sistem pengelolaan air minum Umbulan yang ada di Jawa Timur. Untuk kelancaran pembangunan proyek ini, pemerintah melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) telah mengalokasikan dana senilai Rp 4,51 trilliun. Pihak swasta yang bekerjasama dalam proyek sistem pengelolaan air minum Umbulan adalah PT Meta Adhya Tirta Umbulan.
Proyek Air Bersih Umbulan foto:bisnis.com

Pemerintah Provinsi Jawa Timur di bawah PT PII melakukan penjaminan keamanan investasi dan juga pendanaan untuk proyek ini. Adanya penjaminan dari PT PII diharapkan dapat membuat badan usaha atau pihak swasta yang turut serta dalam proyek merasa nyaman dan terus berperan aktif dalam penyediaan infrastruktur, dengan begitu dana bisa didapatkan dari lain pihak, tidak hanya mengharapkan dari dana APBD dan APBN saja. Hal ini senada dengan yang dituturkan oleh Sinthya Roesly sebagai Direktur Utama PT PII sesaat setelah selesainya penandatanganan perjanjian proyek sistem pengelolaan air minum yang diadakan di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta.

Dilaksanakannya proyek Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) ini sebagai salah satu bentuk tindakan nyata dan keseriusan dari pemerintah dalam melaksanakan perbaikan dan juga pemenuhan kebutuhan infrastruktur yang sangat penting bagi masyarakat. Perlu diketahui bahwa proyek ini dulunya sudah pernah direncanakan, namun tertunda kurang lebih 40 tahun. 

Dalam hal pendanaan, untuk proyek SPAM yang bernilai Rp 4,51 trilliun, Sinthya Roesly mengungkapkan tersedia dana sekitar Rp 818 miliar yang disediakan oleh Kementerian Keuangan yang didapatkan dari Project Development Fund (PDF), dimana PDF ini dilaksanakan oleh PT sarana Multi Infrastruktur. Sedangkan dari PT PII sendiri menyediakan dana jaminan sekitar Rp 2,1 trilliun.
Proyek SPAM merupakan proyek pertama yang mendapatkan jaminan dari pemerintah, setelah itu ada proyek lainnya yang juga menyusul untuk diberikan jaminan, hingga kini tahun 2016 total proyek yang telah diberikan jaminan ada 8 proyek infrastruktur.

Tidak ada komentar:
Write komentar