Kamis, 04 Agustus 2016

antara detergen, mesin cuci dan batatapas

Saya yakin anda pasti bingung dengan judul di atas, antara detergen, mesin cuci dan batatapas, apa itu batatapas, hahaha ahhh sudahlah, batatapas adalah sebuah kata kerja dari bahasa Banjar yang artinya nyuci baju, loh kok pakai bahasa Banjar, yaa biarin lah napaa, orang saya aslinya dari Banjar. dan saya cinta Banua. :D

Lupakan saja hal tersebut, mungkin ini cerita tentang curhat ataupun tentang sesuatu yang tidak berarti, tapi tenanglah, lihatlah judul blog di atas, namanya saja blog gak jelas, jadi jangan khawatir kalau tulisan-tulisan di sini isinya pada gak jelas.

Tahukah anda bahwa sebenarnya sabun detergen itu komposisinya adalah :
  • Surfaktan
  • Builder
  • Filler
  • Aditif
Keempat komposisi tersebut akan membentuk berbagai fungsi yang ada dalam sabun detergen, seperti sufaktan yang berfungsi untuk menurunkan tegangan permukaan air sehingga kotoran yang menempel akan menghilang, kemudian builder yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi pencuci bagian surfaktan dengan cara menonaktifkan mineral penyebab kesadahan air selanjutnya filler berfungsi untuk menambah kuantitas dan selanjutnya ada aditif yang berfungsi sebagai tambahan seperti pengharum, pemutih, pelarut, dan lainnya.
antara detergen, mesin cuci dan batatapas
berbagai jenis detergen dari rinso
Pasti baru tau kan? sama, saya juga, hehehe kemudian apa hubungannya dengan mesin cuci, yaa hubungannya adalah karena kita tidak bisa terlepas dari yang namanya mesin cuci, apalagi sekarang harga mesin cuci sangatlah murah, lebih seperti harga sebuah televisi saja, sehingga kebutuhan sekunder yang satu ini sangatlah penting dalam mengisi bagian belakang rumah kita. kemudian taukah anda, bahwa alat pengering di bagian mesin cuci kalau jarang digunakan maka akan berakibat kepada rusaknya mesin pengering tersebut. entahlah apa alasannya, teapi banyak mesin cuci seperti itu, salah satunya adalah dari pengalaman saya dua kali berganti mesin cuci dan yang rusak pertama adalah pengeringnya, karena memang jarang sekali digunakan.

Terus apa hubungannya lagi dengan batatapas, yaaa batatapas sorangan, batatapas bakucak, batatapas basikat, apapun istilahnya yang pada intinya adalah nyuci baju sendiri tanpa bantuan dari mesin cuci, artinya bahwa mencuci dengan tangan merupakan suatu hal yang sangat melelahkan, tetapi juga memuaskan, pernah teman saya mencuci kembali pakaiannya setelah dia mengambil cuciannya di laundry, alasannya adalah dia tidak puas dengan hasil laundry tersebut, karena pakaiannya masih terasa kotor, kesimpulannya dia menyesal menggunakan jasa laundry dan akhirnya dia terbuang biaya bayar laundry kemudian dia mencuci ulang kembali, jadi doubel malah, rugi biaya, tenaga dan waktu.
itulah informasi singkat gak jelas tentang: antara detergen, mesin cuci dan batatapas.
Salam

Tidak ada komentar:
Write komentar