Selasa, 26 Juli 2016

Jalan-jalan Asik Ke Museum Kimchi di Korea Selatan

Bagi pecinta Korea, mendengar jenis makanan Kimchi pasti sudah tidak asing lagi. Di drama-drama Korea sering kita lihat tokoh film memakan Kimchi. Jenis makanan korea yang satu ini bukan hanya sekedar makanan pendamping biasa, tetapi seperti menu wajib yang harus ada ketika sedang makan. Tidak lengkap rasanya makan tanpa Kimchi, mungkin istilah inilah yang dapat menggambarkan pentingnya keberadaan Kimchi.

Replika orang membuat kimchi di museum kimchi Korea Selatan Foto:dream.co.id

Melihat dari sejarah jenis makanan yang satu ini, tak heran jika Kimchi menjadi makanan kebanggaan bangsa Korea. Kimchi sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Terbuat dari aneka jenis sayuran yang diproses secara fermentasi dengan tambahan bumbu dan kaldu untuk membuat rasanya semakin nikmat. Dari sekian jenis sayur yang bisa dibuat Kimchi, sawi putih merupakan yang paling banyak digunakan dan digemari banyak orang untuk dijadikan Kimchi. Sawi putih ini biasanya dipadukan dengan cabe merah.

Banyak tempat makan di Korea yang menyajikan Kimchi sebagai menu pendamping, dan ini seringkali disajikan secara cuma-cuma atau tanpa biaya tambahan. Enaknya lagi, jika kimchi di meja habis, pelayan warung makan atau restoran tidak segan-segan menambahkan Kimchi yang baru. Ehm… para pecinta Kimchi tentu akan dengan senang hati bukan menerima tambahan Kimchi ini?!

Berkat kepopulerannya sebagai makanan khas Korea, maka dibuatlah sebuah museum khusus mengenai Kimchi yang disebut Museum Kimchi. Bagi mereka yang ingin tahu lebih banyak menegnai jenis makanan ini, bisa datang langsung ke museum yang terletak di Seoul tepatnya di dalam COEX MALL daerah Gangnam-gu.

Berbagai infomasi seputar Kimchi bisa didapatkan di Museum Kimchi, mulai dari sejarah, proses pembuatan hingga aneka jenis Kimchi yang ada saat ini. Untuk memudahkan pegunjung yang datang, Museum Kimchi terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah bagian yang berisi mengenai sejarah atau asal mula Kimchi, kemudian dibagian selanjutnya, para pengunjung dapat melihat langsung bagaimana proses pembuatan Kimchi dari awal hingga penyajian, sedangkan bagian terakhir dari Museum Kimchi adalah ruang diorama.

Ternyata, setelah menjelajahi museum ini, kita akan tahu banyak hal mengenai Kimchi. Sejarahnya cukup panjang dan juga banyak jenis Kimchi yang ada. Padahal dulunya, saya mengira Kimchi itu hanya satu jenis saja tapi ternyata banyak sekali. Setiap Kimchi yang berasal dari daerah tertentu juga berbeda, misalnya dari daerah Korea bagian utara, Kimchi yang dibuat biasanya lebih basah dan berair.

Berbagai ragam jenis Kimchi yang ada di Korea semakin menegaskan bahwa bangsa ini sangat kaya akan budaya. Padahal ini baru satu jenis makanan saja, bagaimana dengan makanan yang lain? anda tertarik untuk ke Korea, mungkin anda bisa memesan tiketnya di Traveloka, kunjungi situs untuk informasi lebih lanjut.

Tidak ada komentar:
Write komentar