Senin, 25 Juli 2016

5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Orang Sakit Jantung

Memiliki penyakit jantung membuat sebagian orang sangat hati-hati dalam memilih makanan. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi agar tidak menyebabkan sakit jantung menjadi semakin parah.
Untuk dapat menghindari penyakit jantung, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Selain dapat mencegah, makanan ini juga baik dimakan secara teratur oleh mereka yang positif mengidap penyakit jantung.

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Orang Sakit Jantung
Minyak Zaitun salah satu bahan makanan yang baik untuk jantung foto:minyakzaitun.org
1. Minyak Zaitun
Jika minyak goreng biasanya berpotensi mengakibatkan sakit jantung, maka berbeda dengan minyak zaitun. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit untuk membuat penderita penyakit jantung lebih aman.
Minyak zaitun juga bagus dikonsumsi secara langsung untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit termasuk penyakit jantung. Jika membeli minyak zaitun untuk dikonsumsi, pastikan minyak zaitun tersebut adalah kualitas terbaik yang aman untuk diminum karena minyak zaitun yang beredar di pasaran memiliki kualitas dan kegunaan yang berbeda-beda.

2. Gandum
Tidak hanya beras yang mengandung karbohidrat, tetapi jenis biji-bijian utuh seperti gandum juga merupakan sumber karbohidrat utama. Zat-zat yang terkandung dalam gandum disinyalir sangat bermanfaat dan juga dapat menurunkan resiko terkena sakit jantung. Sebagian kandungan dalam gandum ialah antioksidan, serat, protein nabati, vitamin B, zat besi dan lainnya.

3. Bawang Putih
ketika makan, rasanya tidak enak jika tanpa bumbu. Namun, tidak semua bumbu masakan baik bagi penderita sakit jantung contohnya seperti garam. Tapi untuk jenis rempah yang satu ini, anda tidak perlu khawatir. Bawang putih tidak terlalu berpengaruh pada tekanan darah sehingga aman dikonsumsi. Bawang putih tetap bisa digunakan sebagai bumbu penyedap agar rasa masakan tidak hambar.

4. Sayur Kubis
Tidak hanya buah apel yang mengandung fitonutrien yang baik bagi jantung, pada sayur kubis pun juga terdapat zat ini. Selain kaya akan kandungan fitonutrien, kubis juga banyak mengandung vitamin dan mineral. Untuk dapat membuat kubis lebih nikmat saat disantap, kubis bisa dioleh menjadi menu sayuran atau salad.

5. Buah Apel
Apel adalah buah yang sangat baik dikonsumsi secara rutin bagi penderita sakit jantung. Kandungan zat fitonutrien, pektin dan quercetin dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan jantung dan juga gula darah dalam tubuh. Manfaat lainnya dari buah apel yaitu sangat efektif mengurangi kolesterol jahat yang menjadi penyebab utama penyakit jantung.
Untuk dapat merasakan manfaat dari buah apel khususnya untuk jantung, konsumsi apel minimal 1 biji setiap hari secara teratur.

Tidak ada komentar:
Write komentar